MEDIA PLAYER

Saturday, November 5, 2016

RPP TERBARU KELAS IV TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 K 13 REVISI 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



SatuanPendidikan           :  SDN 1 HTI JAYA
Kelas / Semester               :  IV /1
Tema                                 :  1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                         :  3. Bersyukur atas Kebersamaan
Pembelajaran                   :  3
Waktu                               :  6x35 Menit

 


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.2     Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperlarakan hasil perhitungan
4.1     Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK, dan FPB, satuan Kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
  • Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional

Matematika
  • Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran

PPKn
  • Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama

IPS
  • Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial


D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampumendiskusikan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengan menggunakan kosa kata baku dengan benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar
3.      Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerjasama dalam bentuk tulisan
4.      Siswa mampu menemukan contoh hubungan / interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.
E.     MATERI AJAR
1.      Bacaan makanan khas daerah
2.      Penaksiran harga makanan
3.      Bacaan cerita Siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : saintifik (Scientific)
Metode                 : Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Guru memberikan salam dan mengajak berdo’a
-          Mengecek kehadiaran siswa
-          Siswa mengamati gambar makanan khas daerah
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dalam lingkup materi yang akan dipelajari
10 menit
Inti
-          Siswa mengenal beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar yang ada pada buku siswa
-          Guru meminta siswa berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa
-          Siswa menceritakan pengalamannya mencoba salah satu makanan tradisional yang ada pada buku siswa
-          Jika siswa belum pernah mencoba salah satu makanan tadi, guru meminta siswa menuliskan pengalamannya mencoba makanan tradisional lainnya.
-          Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa
-          Guru memancing jawaban siswa tentang sikap positif yang harus siswa lakukan berkaitan dengan keberagaman yang ada di Indonesia
-          Siswa mengerjakan soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai makanan tradisional
-          Siswa membaca cerita siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin
-          Guru mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan Konsep pembulatan dalam mengerjakan masalah tersebut.
120 menit



Penutup
-          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
-          Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
-          Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk bersyukut atas keberagaman
-          Guru melakukan penilaian
-          Siswa ditugaskan agar bekerja sama dengan orang tua untuk mentaksirkan harga makanan tradisional.
-          Salam dan do’a penutup

20 menit

G.    PENILAIAN
1.      Kegiatan menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa ( B. Indonesia)
2.      Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka ( Matematika)
3.      Kegiatan diskusi dinilai dengan daftar periksa ( PKn dan IPS)
4.      Penilaian sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerja sama, dan cermat)

H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Gambar makanan tradisional
·         Buku panduan guru kelas IV
·         Buku siswa kelas IV
·         Kurikulum 2013




                                         Mengetahui                                         Beringin Jaya, 05 November 2016
                                    Kepala Sekolah,                                                  Guru/Wali Kelas 4,



                            SARMI, S.Pd.                                                       MONALISA
                 NIP. 1963030619992032001                                         NIM. 826229575


BACA JUGA RPP K13 DISINI



No comments: