RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDN 1 HTI
JAYA
Kelas / Semester : IV /1
Tema : 1. Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema : 3. Bersyukur atas
Kebersamaan
Pembelajaran : 3
Waktu :
6x35 Menit
|
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
Matematika
3.2 Menerapkan penaksiran
dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk
memperlarakan hasil perhitungan
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK, dan FPB, satuan
Kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja
sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
- Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional
Matematika
- Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran
PPKn
- Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama
IPS
- Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial
D.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa
mampumendiskusikan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional
dengan menggunakan kosa kata baku dengan benar.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar
3.
Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu
memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerjasama dalam bentuk
tulisan
4.
Siswa mampu menemukan contoh hubungan /
interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.
E.
MATERI AJAR
1.
Bacaan makanan khas daerah
2.
Penaksiran harga makanan
3.
Bacaan cerita Siti dan teman-temannya
yang membantu Bu Mimin
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan :
saintifik (Scientific)
Metode :
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan
salam dan mengajak berdo’a
-
Mengecek
kehadiaran siswa
-
Siswa mengamati
gambar makanan khas daerah
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dalam lingkup materi yang akan
dipelajari
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa
mengenal beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar
yang ada pada buku siswa
-
Guru
meminta siswa berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa
-
Siswa
menceritakan pengalamannya mencoba salah satu makanan tradisional yang ada
pada buku siswa
-
Jika
siswa belum pernah mencoba salah satu makanan tadi, guru meminta siswa
menuliskan pengalamannya mencoba makanan tradisional lainnya.
-
Guru
berkeliling memeriksa pekerjaan siswa
-
Guru
memancing jawaban siswa tentang sikap positif yang harus siswa lakukan
berkaitan dengan keberagaman yang ada di Indonesia
-
Siswa
mengerjakan soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk
membeli berbagai makanan tradisional
-
Siswa
membaca cerita siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin
-
Guru
mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan Konsep pembulatan dalam mengerjakan
masalah tersebut.
|
120 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
-
Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk bersyukut atas
keberagaman
-
Guru melakukan penilaian
-
Siswa ditugaskan agar bekerja sama dengan orang tua untuk
mentaksirkan harga makanan tradisional.
-
Salam dan do’a penutup
|
20 menit
|
G.
PENILAIAN
1.
Kegiatan menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa ( B.
Indonesia)
2.
Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka ( Matematika)
3.
Kegiatan diskusi dinilai dengan daftar periksa ( PKn dan IPS)
4.
Penilaian sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerja sama,
dan cermat)
H. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Gambar makanan tradisional
·
Buku panduan guru kelas IV
·
Buku siswa kelas IV
·
Kurikulum 2013
Mengetahui Beringin
Jaya, 05 November 2016
Kepala Sekolah, Guru/Wali
Kelas 4,
SARMI, S.Pd. MONALISA
NIP.
1963030619992032001 NIM.
826229575
BACA JUGA RPP K13 DISINI
No comments:
Post a Comment