MEDIA PLAYER
Monday, December 26, 2016
Saturday, November 5, 2016
RPP TERBARU KELAS IV TEMA 3 PEMBELAJARAN 1 K13 REVISI 2016
Tersedia link download file nya dibawah dalam bentuk word
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 HTI JAYA
Kelas / Semester : 4 /1
Tema
: Peduli
Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema :
Hewan dan Tumbuhan di
Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 3
Alokasi waktu :
1 JP (1 x 35 Menit)
A. KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang
estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR
IPA
3.1 Menjelaskan
bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
4.1 Menuliskan
hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta
fungsinya
IPS
3.5 Memahami manusia dalam
dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
4.5 Menceritakan manusia
dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi
PKN
3.2 Memahami hak dan
kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat
4.2 Melaksanakan kewajiban
sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari
teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru
dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah
kosakata baku
4.1 Mengamati, mengolah,
dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas,
bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku
C.
INDIKATOR
IPA
Menuliskan hasil pengamatan
tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya
IPS
Menjelaskan hubungan antara
hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan
PKN
Memberikan contoh kewajiban
sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan setelah berdiskusi
Bahasa
Indonesia
Menggali informasi laporan
hasil pengamatan
D.
TUJUAN
Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan hasil
pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan,
siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan
hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban
sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak-banyaknya.
E. MATERI
Bagian-bagian tumbuhan
memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya, meliputi akar, batang,
daun, bunga, buah, dan biji.
Contoh kewajiban terhadap
lingkungan.
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non
Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali
kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk
dinamika dengan materi yang relevan dengan
pembelajaran hari ini.Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan
dibelajarkan.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini.
Selain melihat alat peraga
lainnya, siswa dapat menonton video yang terkait pembelajaran hari ini,
mendatangkan narasumber, membaca buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan
online/e-book.
|
5
menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pelajaran dibuka dengan
memberi penekanan sebagai berikut.
Seperti halnya makhluk
hidup lain, Tuhan Yang Maha Esa juga
menciptakan tumbuhan
beraneka ragam dan mempunyai bagian-bagian penting. Bagian-bagian tersebut
memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya, meliputi akar, batang,
daun, bunga, buah, dan biji. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita
melakukan pengamatan.
Siswa mengamati tumbuhan di
sekitar mereka.
Siswa melengkapi tabel
Siswa membaca teks yang
terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
Siswa mengamati dua gambar
yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa menjawab pertanyaan
yang terdapat dalam buku siswa.
Setelah siswa menjawab
pertanyaan secara indvidu, mereka kemudian saling mempertanyakan jawaban yang
ditulis di buku siswa dengan cara bertukar buku searah jarum jam dalam
kelompok. Masing-masing siswa bisa menambahkan atau member saran tentang
jawaban yang terdapat pada buku temannya.
Siswa menuliskan contoh
kewajiban terhadap lingkungan.
|
25
menit
|
Kegiatan
Penutup
|
Siswa menuliskan perenungan
mereka di buku siswa. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan
berdasarkan perenungan di
Buku Guru. Guru
menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan
Rumahku dengan bijak.
Tugas: Siswa dan orang tua
mendiskusikan salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan. Hasil
diskusi dilaporkan kepada guru.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
· Siswa saling bertanya untuk menggali informasi, melakukan
konfirmasi, dan saling melakukan koreksi untuk memperkaya hasil pengamatan
yang telah dilakukan.
Remedial
· Kegiatan remedial dilakukan untuk siswa yang hanya dapat
menuliskan 3 atau kurang fakta dan informasi tentang bagian tumbuhan yang
diamati (bentuk, warna, ukuran, tekstur, fungsi, dan lain-lain). Siswa
kembali diajak melakukan pengamatan dan guru memandu siswa secara bertahap
agar dapat menulis laporan lebih lengkap.
|
5
menit
|
H. SUMBER DAN MEDIA
·
Diri anak, Lingkungan
keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·
Buku Pedoman Guru Tema 3
Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
·
Buku Pengembangan Diri Anak.
·
Sumber Motivasi/Inspirasi
Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Tumbuhan di sekitar sekolah,
lembar pengamatan dan alat tulis.
I. PENILAIAN
- Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan
pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan
instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
- Instrumen
Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian
Kinerja.
2) Penilaian
Produk.
b. Penilaian Hasil Belajar
·
Pilihan ganda.
·
Isian singkat.
RPP TERBARU KELAS IV TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 K 13 REVISI 2016
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
SatuanPendidikan : SDN 1 HTI
JAYA
Kelas / Semester : IV /1
Tema : 1. Indahnya
Kebersamaan
Sub Tema : 3. Bersyukur atas
Kebersamaan
Pembelajaran : 3
Waktu :
6x35 Menit
|
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar,
melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis
dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR
Bahasa
Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan hasil
pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan
guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan
memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks
laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
Matematika
3.2 Menerapkan penaksiran
dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk
memperlarakan hasil perhitungan
4.1 Mengemukakan
kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan
masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK, dan FPB, satuan
Kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah,
sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.4 Memahami
arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3 Bekerja
sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan
masyarakat.
IPS
3.5 Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
4.5 Menceritakan
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
C.
INDIKATOR
Bahasa
Indonesia
- Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional
Matematika
- Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran
PPKn
- Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama
IPS
- Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial
D.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks, siswa
mampumendiskusikan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional
dengan menggunakan kosa kata baku dengan benar.
2.
Dengan mengamati gambar, siswa mampu
menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar
3.
Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu
memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerjasama dalam bentuk
tulisan
4.
Siswa mampu menemukan contoh hubungan /
interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.
E.
MATERI AJAR
1.
Bacaan makanan khas daerah
2.
Penaksiran harga makanan
3.
Bacaan cerita Siti dan teman-temannya
yang membantu Bu Mimin
F.
PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan :
saintifik (Scientific)
Metode :
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
G.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru memberikan
salam dan mengajak berdo’a
-
Mengecek
kehadiaran siswa
-
Siswa mengamati
gambar makanan khas daerah
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dalam lingkup materi yang akan
dipelajari
|
10 menit
|
Inti
|
-
Siswa
mengenal beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar
yang ada pada buku siswa
-
Guru
meminta siswa berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab
pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa
-
Siswa
menceritakan pengalamannya mencoba salah satu makanan tradisional yang ada
pada buku siswa
-
Jika
siswa belum pernah mencoba salah satu makanan tadi, guru meminta siswa
menuliskan pengalamannya mencoba makanan tradisional lainnya.
-
Guru
berkeliling memeriksa pekerjaan siswa
-
Guru
memancing jawaban siswa tentang sikap positif yang harus siswa lakukan
berkaitan dengan keberagaman yang ada di Indonesia
-
Siswa
mengerjakan soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk
membeli berbagai makanan tradisional
-
Siswa
membaca cerita siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin
-
Guru
mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan Konsep pembulatan dalam mengerjakan
masalah tersebut.
|
120 menit
|
Penutup
|
-
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
-
Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
-
Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk bersyukut atas
keberagaman
-
Guru melakukan penilaian
-
Siswa ditugaskan agar bekerja sama dengan orang tua untuk
mentaksirkan harga makanan tradisional.
-
Salam dan do’a penutup
|
20 menit
|
G.
PENILAIAN
1.
Kegiatan menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa ( B.
Indonesia)
2.
Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka ( Matematika)
3.
Kegiatan diskusi dinilai dengan daftar periksa ( PKn dan IPS)
4.
Penilaian sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerja sama,
dan cermat)
H. SUMBER DAN MEDIA
PEMBELAJARAN
·
Gambar makanan tradisional
·
Buku panduan guru kelas IV
·
Buku siswa kelas IV
·
Kurikulum 2013
Mengetahui Beringin
Jaya, 05 November 2016
Kepala Sekolah, Guru/Wali
Kelas 4,
SARMI, S.Pd. MONALISA
NIP.
1963030619992032001 NIM.
826229575
BACA JUGA RPP K13 DISINI
Subscribe to:
Posts (Atom)