MEDIA PLAYER

Saturday, November 5, 2016

RPP TERBARU KELAS IV TEMA 3 PEMBELAJARAN 1 K13 REVISI 2016

Tersedia link download file nya dibawah dalam bentuk word

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan   :  SDN 1 HTI JAYA
Kelas / Semester    :  4 /1
Tema                 :  Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3)
Sub Tema            : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke    :  3
Alokasi waktu        :  1 JP (1 x 35 Menit)


A.  KOMPETENSI INTI
1.     Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.



B.  KOMPETENSI DASAR
IPA
      3.1   Menjelaskan bentuk luar tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya
      4.1   Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar (morfologi) tubuh hewan dan tumbuhan serta fungsinya

IPS
3.5   Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya,   dan ekonomi
4.5   Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial,   budaya, dan ekonomi

PKN
3.2   Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah,  sekolah dan masyarakat
4.2   Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat



Bahasa Indonesia
3.1   Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energy   panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.1   Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

C.  INDIKATOR

IPA
Menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya

IPS
Menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan

PKN
Memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap tumbuhan dan hewan setelah  berdiskusi

Bahasa Indonesia
Menggali informasi laporan hasil pengamatan

D.   TUJUAN
Setelah melakukan pengamatan, siswa mampu menuliskan hasil pengamatan tentang bentuk luar tumbuhan dan fungsinya dengan benar.
Setelah membaca dan berdiskusi tentang laporan hasil pengamatan, siswa mampu menggali informasi dari teks laporan pengamatan lebih mendalam.
Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan hubungan antara hewan dengan tumbuhan dan manusia dengan tumbuhan dengan benar.
Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh kewajiban sebagai warga terhadap hewan dan tumbuhan sebanyak-banyaknya.

E.  MATERI
Bagian-bagian tumbuhan memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya, meliputi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji.
Contoh kewajiban terhadap lingkungan.

F.  PENDEKATAN & METODE

Pendekatan       : Scientific
Strategi           : Cooperative Learning
Teknik              : Example Non Example
Metode             : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

G.  KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
Hafalan Matrik Perkalian 1-9.
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila.
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. Guru menyiapkan fisik dan psikhis siswa dalam mengawali kegiatan pembelajaran, yaitu mengajak siswa menyanyikan lagu/yel-yel/tepuk dinamika dengan materi yang relevan dengan pembelajaran hari ini.Menginformasikan Tema/Sub Tema yang akan dibelajarkan.Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
Selain melihat alat peraga lainnya, siswa dapat menonton video yang terkait pembelajaran hari ini, mendatangkan narasumber, membaca buku dari perpustakaan sekolah, perpustakaan online/e-book.
    5
    menit
Kegiatan
Inti
Pelajaran dibuka dengan memberi penekanan sebagai berikut.
Seperti halnya makhluk hidup lain, Tuhan Yang Maha Esa juga
menciptakan tumbuhan beraneka ragam dan mempunyai bagian-bagian penting. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya, meliputi akar, batang, daun, bunga, buah, dan biji. Untuk mengetahui lebih lanjut, mari kita melakukan pengamatan.
Siswa mengamati tumbuhan di sekitar mereka.
Siswa melengkapi tabel
Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
Siswa mengamati dua gambar yang terdapat dalam buku siswa.
Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa.
Setelah siswa menjawab pertanyaan secara indvidu, mereka kemudian saling mempertanyakan jawaban yang ditulis di buku siswa dengan cara bertukar buku searah jarum jam dalam kelompok. Masing-masing siswa bisa menambahkan atau member saran tentang jawaban yang terdapat pada buku temannya.
Siswa menuliskan contoh kewajiban terhadap lingkungan.

    25
    menit

Kegiatan
Penutup
Siswa menuliskan perenungan mereka di buku siswa. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan berdasarkan perenungan di
Buku Guru. Guru menyampaikan pesan moral untuk memanfaatkan Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dengan bijak.
Tugas: Siswa dan orang tua mendiskusikan salah satu tumbuhan yang berkhasiat untuk kesehatan. Hasil diskusi dilaporkan kepada guru.
Hafalan Matrik Perkalian 1-9. Salam dan do’a penutup.
Pengayaan
·      Siswa saling bertanya untuk menggali informasi, melakukan konfirmasi, dan saling melakukan koreksi untuk memperkaya hasil pengamatan yang telah dilakukan.
Remedial
·      Kegiatan remedial dilakukan untuk siswa yang hanya dapat menuliskan 3 atau kurang fakta dan informasi tentang bagian tumbuhan yang diamati (bentuk, warna, ukuran, tekstur, fungsi, dan lain-lain). Siswa kembali diajak melakukan pengamatan dan guru memandu siswa secara bertahap agar dapat menulis laporan lebih lengkap.
    5
    menit


H.  SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 4.
·         Buku Pengembangan Diri Anak.
·         Sumber Motivasi/Inspirasi Hidup: http://rokhmaninstitute.blogspot.com/
Video/slide/buklet/pamflet/gambar tentang Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan      Rumahku. Tumbuhan di sekitar sekolah, lembar pengamatan dan alat tulis.

I.  PENILAIAN
  1. Prosedur Penilaian
a.  Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir.
b.  Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).

  1. Instrumen Penilaian
a.  Penilaian Proses
1)  Penilaian Kinerja.
2) Penilaian Produk.
b.  Penilaian Hasil Belajar
·       Pilihan ganda.
·       Isian singkat.

·       Esai atau uraian.

Download sekali klik DISINI
Baca juga RPP lainya DISINI

RPP TERBARU KELAS IV TEMA 1 PEMBELAJARAN 3 K 13 REVISI 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



SatuanPendidikan           :  SDN 1 HTI JAYA
Kelas / Semester               :  IV /1
Tema                                 :  1. Indahnya Kebersamaan
Sub Tema                         :  3. Bersyukur atas Kebersamaan
Pembelajaran                   :  3
Waktu                               :  6x35 Menit

 


A.    KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR

Bahasa Indonesia
3.1     Menggali informasi dari teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1     Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan hasil pengamatan tentang gaya, gerak, energi panas, bunyi, dan cahaya dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Matematika
3.2     Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperlarakan hasil perhitungan
4.1     Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK, dan FPB, satuan Kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari dirumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
PPKn
3.4     Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
4.3     Bekerja sama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
IPS
3.5     Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.5     Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
  • Menceritakan pengalaman memakan suatu makanan tradisional

Matematika
  • Menyelesaikan masalah yang terkait dengan penaksiran

PPKn
  • Memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerja sama

IPS
  • Menemukan contoh interaksi manusia dengan lingkungan sosial


D.    TUJUAN
1.      Setelah membaca teks, siswa mampumendiskusikan pengalamannya tentang mencoba salah satu makanan tradisional dengan menggunakan kosa kata baku dengan benar.
2.      Dengan mengamati gambar, siswa mampu menemukan jawaban dari soal penaksiran terhadap banyak benda dengan benar
3.      Setelah berdiskusi kelompok, siswa mampu memberikan contoh kegiatan yang menunjukkan sikap bekerjasama dalam bentuk tulisan
4.      Siswa mampu menemukan contoh hubungan / interaksi manusia dengan lingkungan sosial dalam bentuk tulisan hasil diskusi.
E.     MATERI AJAR
1.      Bacaan makanan khas daerah
2.      Penaksiran harga makanan
3.      Bacaan cerita Siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin

F.     PENDEKATAN & METODE
Pendekatan          : saintifik (Scientific)
Metode                 : Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab


G.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
-          Guru memberikan salam dan mengajak berdo’a
-          Mengecek kehadiaran siswa
-          Siswa mengamati gambar makanan khas daerah
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut dalam lingkup materi yang akan dipelajari
10 menit
Inti
-          Siswa mengenal beberapa makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara dari gambar yang ada pada buku siswa
-          Guru meminta siswa berdiskusi didalam kelompok untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa
-          Siswa menceritakan pengalamannya mencoba salah satu makanan tradisional yang ada pada buku siswa
-          Jika siswa belum pernah mencoba salah satu makanan tadi, guru meminta siswa menuliskan pengalamannya mencoba makanan tradisional lainnya.
-          Guru berkeliling memeriksa pekerjaan siswa
-          Guru memancing jawaban siswa tentang sikap positif yang harus siswa lakukan berkaitan dengan keberagaman yang ada di Indonesia
-          Siswa mengerjakan soal hitung penaksiran uang atau harga yang harus dibayar untuk membeli berbagai makanan tradisional
-          Siswa membaca cerita siti dan teman-temannya yang membantu Bu Mimin
-          Guru mengingatkan siswa untuk mengaplikasikan Konsep pembulatan dalam mengerjakan masalah tersebut.
120 menit



Penutup
-          Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
-          Guru memberi kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran hari ini.
-          Guru menyampaikan pesan kepada siswa untuk bersyukut atas keberagaman
-          Guru melakukan penilaian
-          Siswa ditugaskan agar bekerja sama dengan orang tua untuk mentaksirkan harga makanan tradisional.
-          Salam dan do’a penutup

20 menit

G.    PENILAIAN
1.      Kegiatan menulis pengalaman dinilai dengan daftar periksa ( B. Indonesia)
2.      Lembar kerja Matematika dinilai dengan angka ( Matematika)
3.      Kegiatan diskusi dinilai dengan daftar periksa ( PKn dan IPS)
4.      Penilaian sikap (santun, toleran, peduli, bersatu, kerja sama, dan cermat)

H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Gambar makanan tradisional
·         Buku panduan guru kelas IV
·         Buku siswa kelas IV
·         Kurikulum 2013




                                         Mengetahui                                         Beringin Jaya, 05 November 2016
                                    Kepala Sekolah,                                                  Guru/Wali Kelas 4,



                            SARMI, S.Pd.                                                       MONALISA
                 NIP. 1963030619992032001                                         NIM. 826229575


BACA JUGA RPP K13 DISINI