Tersedia link downlod di bawah dalam format word
TEMATIK
TERPADU
SEKOLAH :
SDN 1 SIDOWALUYO
KELAS/SEMESTER : 1/I
TEMA :
II / KEGEMARANKU
SUB TEMA : 3, GEMAR MENGGAMBAR
PEMBELAJARAN KE : 5
ALOKASI WAKTU :
A.
KOMPETENSI
INTI (K1)
1. Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan bendabenda yang dijumpainya dirumah dan disekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam kerya yang
estesis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.2 Mengemukakan
kegiatan persiapan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pencil, cara
menggerakkan pencil, cara meletakkan buku, jarak antara mata dan buku,
pemilihan tempat dengan cahaya terang ) yang benar secara lisan.
4.2 Mempraktikkan
kegiatan menulis permulaan (cara duduk, cara memegang pensil, cara meletakkan
buku jarak antara antara mata dan buku, gerakan tangan atas-bawah,
kiri-kanan, latihan pelenturan gerakan tangan dengan gerakan menulis diudara
atau pasir meja, melemaskan jari dengan mewarnai, menjiplak, menggambar,
membuat garis tegak miring, lurus dan lengkung, menjiplak berbagai bentuk
gambar, lingkaran, dan bentuk huruf di tempat bercahaya terang) dengan benar.
|
(-)
Menunjukkan cara memegang pencil yang benar saat menulis dengan tepat
(-)
Menunjukkan cara meletakkan buku yang benar saat menulis dengan benar
(-)
Menunjukkan cara duduk yang baik saat menulis dengan tepat
(-)
Mendemonstrasikan cara duduk yang baik saat menulis dengan percaya diri
(-)
Mendemonstrasikan cara memegang pensil yang tepat saat menulis dengan percaya
diri.
(-)
Mendemonstrasikan cara meletakkan buku yang tepat saat menulis dengan percaya
diri.
(-)
Menjiplak dan mewarnai berbagai bentuk gambar.
|
MATEMATIKA
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
3.6 Mengenal
bangun ruang dan bangun datar dengan menggunakan berbagai benda konkret.
4.6 Mengelompokkan
bangun ruang dan bangun datar berdasarkan sifat tertentu dengan menggunakan
berbagai benda konkret
|
(-) Mengidentifikasi berbagai bangun ruang
dengan menggunakan berbagai benda konkret.
(-) Menyebutkan macam-macam bangun datar dengan
mengunakan berbagai benda konkret.
(-)
Mengelompokkan macam-macam bangun ruang dan datar sesuai dengan jenisnya.
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
(1) Dengan
mengamati gambar cara duduk yang benar saat menulis siswa dapat menunjukkan
gambar cara duduk yang tepat.
(2) Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa mampu menunjukkan gambar cara memegang pensil yang
tepat saat menulis, dengan tepat.
(3) Dengan
arahan dari guru, siswa mampu mendemmonstrasikan cara duduk saat menulis dengan
tepat.
(4) Dengan
kegiatan menulis nama bangun ruang, siswa dapat mendemonstrasikan cara memegang
pensil dengan tepat saat menulis.
(5) Dengan
kegiatan mencocokkan gambar, siswa mampu menyebutkan benda-benda yang berbentuk
bola, tabung, balok, atau kubus dengan tepat.
D. MATERI PEMBELAJARAN
(1) Posisi
saat menulis dengan tepat
(2) Mengenal
bangun ruang dan bangun datar
E. METODE PEMBELAJARAN
-
Ceramah
-
Tanya Jawab
-
Diskusi
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Pembukaan (10 Menit)
(1) Guru
memberi salam, menyapa siswa dan menanyakan kabar dan kondisi kesehatannya dan
selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa.
(2) Membiasakan
berdo’a sebelum memulai kegiatan agar kita selalu diberi kemudahan dalam
belajar.
(3) Guru
mengapsen seluruh siswa sambil memberi motivasi agar siswa rajin masuk sekolah
tanpa ada alasan kecuali sakit.
(4) Siswa
diajak menghafal secara bersamasama bunyi isi pancasila sebagai dasar pokok
negara kita Indonesia.
PANCASILA
1. Ketuhanan
Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan
yang adil dan beradap
3. Persatuan
Indonesia
4. Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
5. Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
(5) Guru
mengingatkan siswa pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pelajaran yang
akan disampaikan.
(6) Guru
menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar.
Kegiatan
Inti ( 145 Menit)
Ø Siswa diminta melakukan gerakan
posisi duduk yang tepat saat akan memulai menulis.
Ø Guru memberikan aba-aba, satu (duduk),
dua (tegakkan punggung) tiga (letakkan tangan diatas meja).
Ø Guru menunjukkan benda-benda yang
ada dikelas. Siswa mnyebutkan nama bangun ruang (alat peraga)
Ø Kemudian guru mengajak siswa bermain
“Tebak Benda”
Caranya sebagai berikut :
-
Bagi
siswa menjadi 8 (delapan) kelompok. Pembagian kelompok dapat dilakukan pada
siswa yang dekat tempat duduknya. Kemudian bagikan bentuk gambarnya.
-
Guru
menyebutkan ciri-ciri sebuah benda, naanya, kegunaannya dan posisinya didalam
kelas.
Contoh :
ü Namaku Lemari
ü Aku bisa digunakan untuk menyipan
buku, baju, dan peralatan lainnya.
ü Letakku disudut kelas
ü Apakah bentukku?
-
Siswa
diminta untuk enebak bentuk benda yang disebutkan oleh guru.
-
Jika
satu kelompok berhasil menebak dengan baik, berilah nilai 100.
-
Kelompok
yang paling banyak mendapat nilai akan keluar sebagai pemenang.
Ø Siswa telah dapat menyebutkan
nama-nama bentuk bangun ruang, bangun datar dengan baik, selanjutnya siswa
berlatih menulis.
-
Siswa
menyusun huruf-huruf acak menjadi nama bentuk bangun ruang
-
Ingatkan
siswa untuk memegang pensil dengan cara yang benar dan tetap duduk dengan
posisi yang tepat.
Ayo menulis?
Ø Sementara siswa menulis guru
berkeliling kelas melakukan pengamatan dan membantu bagi siswa yang
membutuhkan.
Ø Setelah waktu menulis selesai siswa menyerahkan
hasil tulisannya kepada guru.
Ø Sebagai akhir dari kegiatan siswa
mengerjakan lembar kerja dibuku siswa halaman : ?
Penutup ( 10 Menit)
1. Siswa
menyimak ulasan guru tentang kegiatan yang sudah dilakukan dan minta siswa
melakukan refleksi dari kegiatan yang baru saja dilakukan dengan menjawab
pertanyaan :
a. Ayo
bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan ini ?
b. Apakah
kalian suka cara belajar seperti ini ? mengapa ?
c. Silahkan
anak-anak pelajari lagi di rumah ya !
2. Siswa
menyimak penguatan dan kesimpulan pembelajaran hari ini yang disampaikan guru.
3. Sebagai
penutup guru mengajak siswa untuk bersyukur atas ilmu dan semua kegembiraan
yang telah mereka rasakan dengan berdo’a bersama. Guru juga mengingatkan
tentang sikap berdo’a yang baik.
4. Selesai
berdo’a siswa memberikan salam pada guru. Guru mengingatkan siswa untuk memberi
salam pada orang tua
5. Biasakan
siswa saat berbaris didalam kelas penghormatan kepada bendera “Merah Putih”
tanda dan kesetiaan kita pada tanah air dan bangsa.
A. PENILAIAN
I.
PENILAIAN
PENGETAHUAN
Tes Lisan
(1) Sebutkan
nama-nama bentuk bangun ruang yang ada
-
Di dalam kelas ?
-
Di rumah ?
(2) Urutan
dari yang terkecil .............
........... ........... ............
(3)
Urutkan dari yang terbesar .......... ............ ........... ...........
Urutkan dari yang terbesar .......... ............ ........... ...........
Siswa melakukannya berulang kali
hingga benar-benar terbiasa.
I.
SIKAP
SOSIAL
Format Penilaian Sikap Sosial
(jujur, disiplin, santun, peduli,
percaya diri, tanggung jawab)
No
|
Tanggal
|
Nama siswa
|
Catatan Perrilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
II.
PENILAIAN
KETERAMPILAN
Kreteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Pendampingan (1)
|
1. Kemampuan
mempraktikkan cara duduk yang benar saat akan menulis
|
Siwa mampu
mempraktikkan ketiga langkah (duduk,
menegakkan punggung, dan meletakkan tangan diatas meja) dengan benar
|
Hanya memenuhi 2
langkah
|
Hanya memenuhi 1
langkah
|
Siswa belum mampu
mempraktikkan ketiga langkah
|
2. Mempraktikkan
cara memegang pensil dengan tepat
|
Siswa mampu melakukan
dengan tepat tanpa bantuan guru
|
Siswa melakukan
dengan bantuan guru
|
Siswa belum melakukan
dengan tepat
|
Siswa belum melakukan
|
III.
BAHASA
INDONESIA
(Duduk
dengan posisi yang benar)
No.
|
Nama siswa
|
Duduk dengan cara
yang baik
|
Punggung dalam posisi
tegak
|
Tangan diletakkan
dimeja
|
Posisi kaki lurus ke
bawah
|
Perdikat
|
A. MEDIA / ALAT, BAHAN DAN SUMBER
BELAJAR
1. Buku
guru dan PG Hal. 107-110, BS. Hal 138-140
Buku siswa Kelas I Tema
2 Kegemaranku Subtema 3 Gemar Menggambar Pembelajaran ke-5.
Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013, ( revisi 2016) Jakarta. Kemendikbud RI.
2. Buku
Terampil Berhitung Matematika Kelas 1
Tim Bina Karya Guru,
KTSP 2006
Bab 3 Bangun Runcing (hal. 99 s/d 116)
3. Benda-benda
bangun Ruang ( Tabung, Balok, Kubus,
Bola )
Kegiatan Remedial :
1) Jika
siswa belum mampu membedakan benda-benda
bangun datar dan bangun ruang, maka guru membimbing mengarahkan supaya siswa
bisa memahami dan dapat menyebutkannya
2) Siswa
diberi tugas dirumah supaya lebih memahami materi
Refleksi guru :
1) Hal
apa yang menjadi kesulitan siswa dalam menerima pelajaran hari ini
2) Hal-hal
apa sajakah yang perlu perbaikan untuk pembelajaran berikutnya
Mengetahui,
Kepala Sekolah
KRISMIANTO,S.Pd
NIP.
196404181986051001
|
Sidowaluyo, 20 September 2017
Guru Kelas I
SUHARYATI
NIP. 196801162014082001
|
BUKA FORMAT WORD KLIK DISINI
UNTUK YANG LANGSUNG OTOMATIS DOWNLOAD KLIK DISINI
TEMUKAN RPP KELAS 4 DISINI
UNTUK YANG LANGSUNG OTOMATIS DOWNLOAD KLIK DISINI
TEMUKAN RPP KELAS 4 DISINI