Kamis, 22 November 2012

MENGENAL MACAM" HUKUM MAD Tugas Qur'an hadis MTs.



MENGENAL MACAM-MACAM HUKUM BACAAN MAD

  1. Mengenal dan Memahami Mad

Salah satu hukun yang penting dalam ilmu tajwid adalah hukum mad. Setelah mempelajari hukum mad, maka kita dapat mengetahui panjang dan pendek lafadl-lafadl Al-Qur’an. Menurut bahasa, mad artinya adalah “menerangkan “ dan “menambah’. Adapun menurut istilah, mad adalah memanhanjangkan suara dengan salah satu huruf dari huruf-huruf mad.
Huruf mad seperti yang dimaksud dalam defisi di arasrerbagi tiga jenis, yaitu : alif ( ١ ), wau ( و  ) dan ya’ ( ي ). Mad terbagi menjadi dua bagian yaitu :
  1. Mad asli, dan
  2. Mad far’i

Kedua mad ini merupakan pokok utama hukum mad dalam ilmu tajwid. Adapun yang akan dibahas lebih lanjut pada bab ini adalah  mad silah, mad lazim mukhaffaf kalimi, mad lazim musaqqal kalimi, dan mad farqi.

  1. Mengenal dan Memahami Mad Silah
Secara lugawi, silah artinya “hubungan”. Hukum bacaan mad silah terbagi dua macam yaitu mad silah qasirah dan mad silah tawilah.
  1. Mad silah Qasirah
Qasirah artinya “pendek”. Mad qasirah yaitu apabil ( ٥ )sebagai kata ganri dan setelah    itu                                                                                                                                                                 tetapi, apabila didahului huruf yang mati (  ٥  ) tidak boleh dipanjangkan.
Contoh,
  öNs9ur `ä3tƒ ¼ã&©!  



Harus dibaca walam yakullahu

Harus dibaca kulluhu

Harus dibaca Mifadlihi

Harus dibaca fainnahu
Adapun contoh yang didahului huruf (     ) tidak dipanjangkan karena tidak termasuk mad silah qasirah, antara lain :

Harus dibaca  fihi
Harus dibaca  akhuhu
Harus dibaca  waktubhu
Harus dibaca  ‘alaihi

  1.  Mad Silah Tawilah
Tawilah artinya “panjang”. Mad Silah Tawilah apabila mad sialah qasirah bertemu dengan hamzah (    ). Cara membaca mad silah tawilah dipanjangkan lima harakat.]
Contoh,

Harus dibaca waqala lahu inna
Harus dibaca waqohu ahad
Harus dibaca annama lahu akhladah

  1. Menerapkan Hukum Mad Silah dalam Surah Al-Qur’an dan Az-Zalzalah
Setelah kamu mempelajari mengenai mad silah qasirah, berikut ini adalah contoh hukum mad silah qasirah pada Q.S. al-Qari’ah [101] dan Q.S. az-Zalzalah [99].
  1. surah Al-Qari’ah [10]
Contoh
Dibaca
Q.S




  1. surah Az-Zalzalah [99]
Contoh
Dibaca
Q.S









RANGKUMAN

  • Manurut bahasa, mad adalah “memanjangkan” dan “ menambah”. Addapun menurut istilah, mad  adalah memanjangkan suara dengan selah satu huruf dari huruf-huruf mad.
  • Secara lugawi, silah artinya “hubungan”. Hukunm bacaan mad silah terbagi atas dua macam yaitu mad silah qasirah dan mad tawilah
  • Dalam ilmu tajwid, mad lazim terbagi dua macam, yaitu mad lazim mukhaffaf kalimi dan mad lazim musaqqal kalimi.
  • Mad farqi secara istilah diartikan sebagai bacaan panjang yang berfungsi untuk membedakan kalimat istifham atau pertanyaan dan khabar atau keterangan.


PENUTUP

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas karunia dan nikmat yang telah dilimpahkan kepda kita semua. Sholawat dan salam semoga tercurah ke haribaan baginda Rasulullah SAW.
Akhirnya, kami sampaikan terimakasih teman-teman semua yang telah membantu semua penyusunan makalah ini, demikian juga kepada para guru pendidikan Agama Islam dan yang kami hormati Bapak dan Ibu guru yang telah mendorong dan membantu kami dalam proses Pembelajaran. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan RahmatNya, Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Saya dan semua teman diskusi Mengucapkan terima kasih
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar